obat diabetes

Mengenal Diabetes sebagai Penyakit yang Paling Banyak Ditakuti

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak ditakuti oleh masyarakat di Indonesia atau bahkan di dunia selain kolesterol. Anda pasti sudah sering mendengar penyakit diabetes atau biasa disebut dengan penyakit gula darah ini. Namun, apa sebenarnya penyakit diabetes itu dan apa penyebabnya?

Nah, untuk menjawab itu semua berikut akan kami jelaskan mengenai informasi seputar penyakit diabetes yang paling banyak ditakuti dan seringkali menjadi momok di mata masyarakat. Langsung saja yuk kita simak ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Pengertian Penyakit Diabetes?

Penyakit diabetes sering disebut juga dengan penyakit gula darah yang dapat menyerang siapa saja terutama orang yang memiliki gen atau riwayat keturunan yang menderita penyakit ini. Penyebab utama penyakit diabetes adalah kurangnya produksi insulin atau rendahnya insulin dalam tubuh yang dihasilkan oleh pankreas.

Pengertian Penyakit Diabetes

Seseorang didiagnosis menderita diabetes jika kadar gula darah di dalam tubuhnya di luar batas normal. Dan, seseorang dikatakan normal apabila kadar gula darah pada waktu puasa tidak lebih dari 110 mg/dL dan kadar gula darah dua jam setelah makan di bawah 140 mg/dL. Satu-satunya cara untuk mengetahui kadar gula darah seseorang adalah dengan melakukan cek gula darah.

Ciri dan Tanda Diabetes pada Penderitanya

Bagaimana tanda-tanda seseorang yang menderita diabetes ? adapun tanda-tanda seseorang yang menderita diabetes secara umum adalah sebagai berikut.

  • Tubuh terasa cepat lelah.
  • Sering kencing, lebih-lebih di malam hari.
  • Sering merasa haus dan lapar.
  • Air seni dikerubuti semut.
  • Telapak kaki dan tangan terasa kebas, baal atau tebal.
  • Untuk stadium lanjut telapak kaki penderita menghitam kadang mudah luka dan membusuk.

Penyebab Penyakit Diabetes secara Umum

Apa yang menyebabkan seseorang menderita diabetes ? Secara umum ada beberapa hal yang patut diperhatikan yang menjadi penyebab seseorang terkena penyakit diabetes yakni sebagai berikut.

  • Adanya riwayat keluarga yang terserang Diabetes (faktor keturunan).
  • Kegemukan (obesitas).
  • Kurang aktifitas fisik dan olahraga.
  • Bayi yang terlahir lebih dari 4 kg.
  • Pankreas tidak bisa menghasilkan insulin yang diperlukan tubuh.
  • Pola makan yang kurang sehat.

Baca : M- Biopro – Herbal dengan 1001 Manfaat, Salah Satunya Mengobati Diabetes

Tips Menurunkan Faktor Resiko Diabetes

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja penyebab seseorang terkena diabetes. Namun, terkadang ada seseorang yang sebelumnya jarang mengkonsumsi gula putih, secara tiba-tiba ia dinyatakan terkena penyakit diabetes. Lalu apakah penyebabnya? Kemungkinan dari penyebabnya adalah kesalahan dalam pola makan, obesitas atau jarang bergerak dan olahraga. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut berikut beberapa cara untuk menurunkan resiko diabetes antara lain adalah.

  • Pilihlah makanan pembuka yang tepat

Sebelum makan hidangan utama terlebih dahulu makanlah sayuran, hal ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

  • Perbanyak untuk berjalan kaki

Dengan berjalan kaki setiap hari maka tubuh akan tetap sehat bahkan pada saat anda tidak mengalami penurunan berat badan.

  • Konsumsi kopi

Berdasarkan dari hasil penelitian peminum kopi lebih dari 6 cangkir sehari memiliki resiko 29-54 % lebih rendah untuk terkena diabetes.

  • Turunkan berat badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab penyakit diabetes salah satunya adalah kegemukan atau obesitas. Oleh karena itu, untuk menurunkan risiko penyakit diabetes pastikan Anda menurunkan berat badan Anda dengan cara diet sehat dan olahraga.

  • Konsumsi kayu manis

Mengkonsumsi kayu manis secara rutin dapat mengurangi gula darah hingga sekitar 10 %. Selain itu kayu manis juga sudah terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida, yang merupakan lemak darah yang dapat menyebabkan resiko diabetes.

  • Menikah

Ternyata berdasarkan hasil penelitian menikah juga dapat mengurangi resiko diabetes. Hasil penelitian dari Diabetes Care. Hal ini dikarenakan wanita yang tinggal sendirian akan lebih mungkin untuk merokok dan mengkonsumsi alcohol apabila dibandingkan dengan wanita yang sudah mempunyai pasangan.

Langkah Mengendalikan Penyakit Diabetes

Penyebab Penyakit Diabetes secara Umum

Selain beberapa tips menurunkan risiko diabetes yang sudah dijelaskan diatas, ada juga beberapa langkah mengendalikan penyakit diabetes yang dapat Anda lakukan. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengendalikan penyakit ini adalah sebagai berikut.

  • Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan kolesterol usahakan untuk memeriksakan kolesterol Anda minimal setahun sekali, pemeriksaan tekanan Darah usahakan untuk memeriksakan tekanan darah Anda 2-4 kali dalam setahun, pemeriksaan A1c pemeriksaan ini 2-3 bulan sekali, pemeriksaan ini bertujuan agar A1c Anda tetap pada angka 7.

  • Lakukan Perawatan Untuk Penyakit Diabetes

Perawatan ini meliputi pengubahan pola makan, pengobatan, dan pantau penyakit diabetes Anda dengan cara konsultasi kepada dokter.

  • Kendalikan penyakit diabetes Anda

Dengan cara menjaga pola hidup sehat, diet seimbang, periksakan diri 2-4 kali dalam setahun, olahraga 3-4 kali dalam seminggu selama 30 menit, jaga berat badan untuk tetap ideal, periksakan gigi 6 bulan sekali, dan berhenti dari merokok.

  • Dapatkan informasi tentang penyakit diabetes

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang penyakit diabetes, baik dari dokter atau kelurga dan teman maupun lewat media online seperti Anda membaca artikel kami pada saat ini.

  • Cegah komplikasi diabetes

Untuk menghindari komplikasi akibat diabetes lakukan pola makan yang sehat dan olahraga teratur. Karena diabetes dapat menyebabkan komplikasi pada saraf, gangguan penglihatan, serangan jantung, stroke dan gangguan ginjal.

Setelah Anda mengetahui pengertian, tanda, gejala hingga cara mengendalikan penyakit diabetes, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai jenis dan tipe penyakit diabetes.

Tipe Penyakit Diabetes dan Perbedaannya

Anda mungkin pernah mendengar istilah penyakit diabetes tipe 1 dan penyakit diabetes tipe 2. Namun apakah Anda sudah memahami perbedaan keduanya? Perbedaan penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2 secara umum adalah penyakit diabetes tipe 1 disebabkan karena fungsi organ pankreas tidak dapat menghasilkan insulin. Sedangkan penyakit diabetes tipe 2 disebabkan karena jumlah insulin yang kurang, bukan masalah pankreasnya yang tidak  berfungsi dengan baik.

Tipe Penyakit Diabetes dan Perbedaannya

Untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya berikut ini.

Penyakit Diabetes Tipe 1

Penjabaran tentang diabetes tipe 1

Pengertian tentang diabetes tipe 1 sering disebut sebagai Insulin Dependent Diabetes Mellitus atau Diabetes Mellitus yang bergantung pada insulin. Penyakit diabetes 1 ini berkaitan dengan kurangnya fungsi pangreas yang menghasilkan insulin. Diabetes militus ini juga berkaitan langsung dengan kerusakan organ pankreas. Sehingga, dengan begitu pankreas tidak dapat menghasilkan insulin yang berperan penting dalam membantu penyerapan kadar gula dalam darah.

Sebagian besar penderita diabetes tipe 1 ini terjadi pada usia kurang dari 30 tahun. Oleh karena itu penyakit ini sering disebut sebagai penyakit diabetes anak-anak, karena sering menyerang anak-anak dan remaja. Penykit diabetes tipe 1 ini disebabkan karena system organ pangreas tidak cukup menghasilkan insulin yang mengakibatkan kelainan system imun tubuh yang menghancurkan sel yang menghasilkan insulin atau karena infeksi virus sehinnga hormon insulin pada tubuh berkurang dan mengakibatkan timbunan gula pada aliran darah.

Penyebab Diabetes Tipe 1

Penyebab diabetes tipe 1 yang dikarenakan kurangnya fungsi kerja pankreas, penyebab kurangnya fungsi kerja pankreas diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Penyebab Virus Atau Zat Kimia Pada Pankreas

Diabetes tipe 1 dapat disebabkan oleh adanya virus atau zat kimia yang dapat merusak sel pada pankreas tempat insulin dibuat. Jika, sudah seperti ini, maka kemungkinan besar seseorang akan menderita penyakit diabetes tipe 1.

  • Penyebab faktor keturunan atau genetika

Penyabab penyakit diabetes tipe 1 yang berikutnya adalah faktor gen atau keturanan. Jadi jika salah satu orang tua ada yang menderita penyakit diabetes tipe 1 maka kemungkinan besar anak-anaknya akan  ada yang menuruni penyakit ini.

  • Penyebab Autominitas

Autominitas merupakan suatu kondisi adanya alergi pada salah satu jaringan atau jenis selnya sendiri yang biasanya terdapat pada pankreas. Hal ini menyebabkan system kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel yang membentuk insulin sehingga kemampuan tubuh untuk membentuk insulin juga ikut hilang.

Cara Perawatan Diabetes Tipe 1

Untuk merawat diabetes tipe 1 maka kita harus menambah insulin setiap hari. Biasanya untuk menambah insulin maka dilakukan suntikan insulin.

Adapun cara lain adalah dengan memperbaiki fungsi pangrkeas. Apabila fungi pankreas normal maka pankreas bisa menghasilkan insulin yang dibutuhkan tubuh.

m biopro mengobati asam urat

Beli M-Bio Pro Sekarang Juga

Penyakit Diabetes Tipe 2

Pengertian tentang diabetes tipe 2 sering disebut dengan Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus atau diabetes mellitus tanpa bergantung pada insulin. Penyebab penyakit diabetes tipe 2 ini adalah kurangnya insulin pada tubuh bukan karena pankreas yang tidak berfungsi dengan baik.

Apabila pola makan tidak baik maka akan menyebabkan insulin yang diproduksi akan dihisap oleh sel-sel  lemak . maka dari itu pangreas tidak bias menghasihkan cukup insulin dan dapat menyebabkan kadar gula dalam darah naik.

Penyakit diabetes tipe 2 ini adalah penyakit yang sebagian besar diderita oleh penderita penyakit diabetes . Penyakit ini sering menyerang orang pada usia lebih dari 30 tahun.  Pada kisaran 90%-95% penderit diabetes menderita penyakit diabetes tipe 2.

Penyebab Diabetes Tipe 2

Penyebab utama diabetes tipe 2 yakni disebabka oleh  kurangnya zat insulin pada tubuh. Dalam kondisi ini fungsi organ pankreas tidak cukup menghasilkan insulin yang berperan untuk menyerap kadar gula dalam darah dikarenakan gaya hidup yang tidak baik. Adapun penyabab diabetes tipe 2 yang lainnya adalah sebagai berikut.

  • Faktor keturunan

Sama seperti faktor penyebab diabetes tipe 1, pada tipe ini juga dapat disebabkan oleh faktor genetik atau keturanan.

  • Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena kebiasaan buruk seperti membeli makanan cepat saji atau fast food  yang mengandung banyak lemak dan tidak sehat. 

  • Penyebab lain

Adapun penyebab lain dari penyakit diabetes tipe 2 adalah adanya obesitas atau kelebihan berat badan, adanya kolesterol yang tinggi, disebabkan karena olahraga atau jarang bergejak. Untuk semua penyebab penyakit diabetes tipe 2 umumnya disebabkan karena adanya gaya hidup yang tidak sehat.

Gaya hidup seperti ini berakibat kurangnya metabolisme dalam tubuh yang  tidak sempurna sehingga membuat insulin dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik. Karena hormone insulin dapat diserap lemak dalam tubuh, maka apabila pola hidup tidak sehad dapat membuat tubuh kekurangan insulin.

Mengetahui Perbedaan Diabetes Mellitus dan Diabetes Insipidus

Setelah Anda mengetahui dua jenis atau tipe diabetes yang sering menyerang berikut akan kami jelaskan juga mengenai istilah diabetes yang biasanya sering digunakan dalam dunia kesehatan yakni diabetes mellitus dan diabetes Insipidus.

Perawatan Penyakit Diabetes

Diabetes mellitus, sudah sering kita dengar dalam kesehariannya, tetapi apakah diabetes insipidus itu? Diabetes insipidus adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mempertahankan air yang cukup. Gajala penyakit diabetes insipidus tidak sama dengan gejala penyakit diabetes mellitus, hanya saja kedua jenis penyakit diabetes ini memiliki gejala yang hampIr mirip yaitu meningkatnya frekuensi buang air kecil dan adanya rasa haus yang berlebihan. Ada seorang dokter yang memberikan istilah yang berbeda pada kedua jenis diabetes ini, diabetes insipidus disebut sebagai diabetes air, sedangkan diabetes mellitus disebut penyakit gula.

Lalu apa saja perbedaan antara kedua jenis diabetes tersebut? Berikut beberapa perbedaan dari kedua jenis diabetes tersebut.

  • Penyebab Utama

Diabetes mellitus penyebab utamanya adalah karena rusaknya sebagian dari sel-sel betha dari pulau-pulau Langerhans pada pankreas yang berfungsi menghasilkan insulin, akibatnya terjadi kekurangan insulin.

Sedangkan diabetes insipidus biasanya terjadi karena penurunan pembentukan hormone antidiuretik yaitu hormone yang dapat mencegah pembentukan air kemih yang terlalu banyak, selain itu juga dapat terjadi apabila kadar hormone antidiuretik normal akan tetapi ginjal tidak memberi respon yang normal pada hormone ini, yang sering disebut dengan diabetes insipidus nefrogenik. 

  • Ciri dan Tanda Penderita

Ciri-ciri penderita diabetes insipidus yaitu tiba-tiba ingin buang air kecil dalam frekuensi yang sering dan jumlah besar. Pada penderita diabetes insipidus urine berwarna bening atau hampir tidak berwarna (poliuria) dan bersifat encer.

Penderita diabetes mellitus juga mengalami  buang air kecil yang berlebihan (poliuria) namun lebih sedikit daripada penderita diabetes insipidus. Urine pada penderita diabetes insipidus berasa tawar sementara urine pada penderita diabetes mellitus berasa manis. Penderita diabetes insipidus merasakan haus yang berlebihan (polidipsia).

Perawatan Penyakit Diabetes 

Sebenarnya segala macam dan jenis penyakti jika kita rawat dengan baik maka secara otomatis akan berkurang rasa sakitnya. Mungkin ada beberapa orang yang menderita diabetes, namun ia tetap terlihat seperti orang sehat pada umumnya hal ini bukan karena ia baik-baik saja namun karena ia pandai dalam merawat dan menjaga penyakit diabetesnya dengan baik. Satu hal yang harus Anda ingat adalah penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan maka perawatan diabetes mellitus sangatlah diperlukan bagi penderitanya. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena jika dibiarkan diabetes dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang lainnya.

Setelah Anda mengetahui mengenai jenis penyakit diabetes, lalu bagaimana langkah perawatan penyakit diabetes yang tepat bagi penderita penyakit diabetes pada umumnya? Berikut ulasan mengenai beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan kepada penderita diabetes antara lain adalah sebagai berikut.

  • Perawatan gizi dan diet

Perawatan pertama yang harus Anda lakukan adalah turunkan berat badan anda. Tidak hanya itu pastian perbaiki pola makan Anda dengan memperbanyak makan makanan yang efektif dalam memperbaiki retensi insulin seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dan hindari serta kurangi makanan yang mengandung kalori yang tinggi dan berkolesterol.

  • Terapi insulin

Untuk sementara waktu suntikan insulin dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara cepat. Pastikan Anda  mengimbanginya dengan olahraga dan jumlah makanan yang sesuai agar hasil penggunaan insulin lebih optimal.

  • Hidroterapi

Sesuai dengan namanya hidroterapi merupakan salah satu cara pengobatan dengan menggunakan media air. Penderita diabetes dapat menggunakan air panas dalam penggunaannya sehingga dapat membuka pori-pori, melebarkan pembuluh darah, merangsang keluarnya keringat, dan juga dapat mengendurkan otot-otot sehingga peredaran darah menjadi lancar.

  • Pengobatan herbal

Anda bisa melakukan beberapa cara pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan yang alami dengan menggunakan tanaman herbal. Dalam hal ini cara ini lebih aman karena obat herbal berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tanpa ada efek samping.

m bio pro untuk diabetes

Buktikan khasiat dari M-Biopro Untuk Diabetes Ini

beli m biopro sekarang

  • Detoksifikasi

Cara pengobatan detoksifikasi merupakan sebuah terapi yang dapat Anda lakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang keluarnya toksin dan racun dari dalam tubuh. Pastikan Anda juga menjaga berat badan, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan tubuh terasa lebih segar selain melakukan terapi detoksifikasi.

Ituah informasi seputar penyakit diabetes, mulai dari pengertian, jenis dan cara perawatannya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.