herbal untuk Asam Urat

Mengenal Penyakit Asam Urat yang Banyak Diderita oleh Masyarakat

Tahukah Anda, penyakit asam urat sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Pada waktu itu asam urat dianggap sebagai penyakit kalangan elite sosial seperti raja dan bangsawan, sebab mereka pada umumnya punya kebiasaan makan berlebihan terutama jenis makanan yang mengandung banyak protein, alkohol, kopi dan makanan lain yang waktu itu hanya dapat dinikmati oleh kalangan atas. Sehingga penyakit asam urat dihubungkan dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan enak.

Tapi kondisi tersebut kini telah berubah, tanpa melihat latar belakang sosialnya tidak sedikit orang yang menderita penyakit asam urat bahkan orang-orang dewasa yang masih tergolong muda pun bisa menderita penyakit ini. Seiring dengan perkembangan zaman termasuk dalam bidang kedokteran, berbagai teori mengenai penyakit asam urat pun telah banyak dikemukakan. Penyakit ini diketahui tidak hanya berhubungan dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan ala bangsawan tetapi ada faktor lain yang dapat menyebabkan asam urat.

Pengertian Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat dalam istilah medis disebut penyakit gout atau penyakit pirai yaitu penyakit radang sendi akibat peningkatan kadar asam urat dalam darah yang menimbulkan penumpukan kristal urat pada cairan sendi dan permukaan sendi. Karena itu, berhati-hatilah Anda jika memiliki kadar asam urat berlebih yaitu di atas 7 mg/dl pada laki-laki dan di atas 6 mg/dl pada wanita.

Pengertian Penyakit Asam Urat

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala yang khas dari penyakit ini berupa rasa nyeri yang hebat hingga membuat penderita bisa terbangun dari tidurnya. Pada umumnya, serangan penyakit asam urat atau gout muncul secara mendadak dan sering terjadi pada malam hari. Asam urat atau gout biasanya akan menyerang daerah sendi yang ada pada lutut, tumit, dan jempol kaki.

Tanda awal tubuh terserang gout ialah rasa nyeri mendadak di persendian dan pangkal ibu jari kaki, warna kemerahan dan bengkak pada persendian serta disertai demam. Serangan gout bisa terjadi berulang kali.

Dalam jangka panjang yaitu sekitar 5-10 tahun, pada orang yang menderita asam urat akan timbul benjolan-benjolan di sekitar sendi yang meradang yang disebut tofus. Tofus berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur, hasil penumpukan kristal urat. Tofus ini dapat merusak sendi dan tulang disekitarnya, bila ukurannya besar akan membuat penderita tidak dapat menggunakan sepatu lagi.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat dapat digolongkan menjadi penyakit asam urat primer dan penyakit asam urat sekunder.

Pada penyakit asam urat primer, 99% penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetik dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat berakibat meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.

Sedangkan penyakit asam urat sekunder disebabkan antara lain karena meningkatnya produksi asam urat akibat terlalu banyak memakan makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Purin adalah protein yang termasuk golongan nukleo protein.

Penyebab lain atau kondisi yang juga dapat menyebabkan produksi asam urat meningkat adalah suku atau ras tertentu (di Indonesia suku Minahasa dan Tapanuli mempunyai kecenderungan terserang penyakit ini); penyakit darah misalnya seperti kanker sel darah putih atau leukemia (kanker sel darah putih); mengkonsumsi alkohol, konsumsi obat-obatan seperti obat kanker, diuretik, dan thiazide; kelebihan berat badan atau obesitas (kegemukan), penyakit kulit atau psoriasis, kadar trigliserida yang tinggi, diabetes melitus, hipertensi dan masih banyak penyebab asam urat yang lainnya.

Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami

Artikel berikut ini merupakan tips dan informasi yang membahas mengenai solusi cara mencegah dan mengobati penyakit asam urat secara alami

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Sekilas Tentang Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat biasanya dirasakan saat sudah mulai menginjak usia 35 hingga 40 tahun. Salah satu hal yang membuat asam urat menjadi begitu penting karena menyangkut salah satu organ vitak kita, yaitu ginjal, Ginjal mengatur dan mengelola kestabilan tubuh kita. Ginjal pun membuat sisa kandungan asam, termasuk asam urat yang ada di tubuh kita dalam bentuk air seni. Jadi jika proses ini tidak berjalan lancar, maka ada kemungkinan gejala asam urat mulai datang.

Cara Mencegah Asam Urat

Cara untuk mencegah timbulnya penyakit asam urat ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencegah penyakit asam urat tersebut antara lain :

  • Mengontrol Gaya Hidup

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai cara mencegah asam urata adalah cobalah untuk mengontrol gaya hidup Anda. Hal ini karena gaya hidup yang berlebihan akan berakibat fatal pada kesehatan Anda. Jadi pastikan Anda mengontrolnya dengan baik, sesibuk apa pun kita, cobalah untuk mencari waktu untuk beristirahat. Pada umumnya, suatu kondisi yang sibuk akan cenderung membuat kita berperilaku tidak sehat, misalnya seperti mengkonsumsi makanan siap saji dan kurang minum air putih.

  • Hindari Kebiasaan Buruk

Selain beristirahat dengan cukup, pastikan juga Anda menghindari gaya hidup atau kebiasaan yang buruk misalnya seperti hindari merokok dan mengkonsumsi kopi, es dan alkohol. Hal ini karena, kebiasaan buru tersebut secara perlahan dapat merusak fungsi ginjal.

  • Kurangi Konsumsi Makanan Pemicu Asam Urat

Cara mencegah penyakit asam urat yang berikutnya adalah pastikan anda mengurangi konsumsi makanan yang dapat memicu munculnya asm urat. Misalnya seperti hindari mengkonsumsi makanan daging yang berlebihan, terutama yang mengandung lemak dan membuat tubuh kita menjadi panas. Contohnya seperti konsumsi daging kambing yang berlebihan. Tidak hanya itu, pastikan juga anda mengurangi konsumsi makanan yang mengadung kolesterol juga harus dikurangi, seperti makan makanan yang digoreng.

  • Jangan Mandi Tengah Malam

Cara mencegah asam urat yang selanjutnya adalah pastikan Anda menghindari mandi tengah malam. Pada awalnya memang hal ini hanya dapata menyebabkan penyakit rematik, namun jika terlalu sering dilakukan dan jika tidak dijaga, lama-lama akan menyebakan asam urat.

  • Olahraga Rutin dan Teratur

Pastikan Anda berolah raga minimal dua kali dalam satu minggu untuk mencegah timbulnya penyakit asam urat. Anda bisa mengikuti berbagai kegiatan olah raga yang sederhana misalnya seperti joging. Olah raga secara rutin dan teratur dapat  membuat daya tahan tubuh kita kuat,. Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu fungsi ginjal dalam memperlancar aliran darah dan air seni.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Bagi anda yang sudah terkena penyakit asam urat dan ingin mengobatinya, berikut ini beberapa hal yang mungkin bermanfaat bagi anda untuk mengatasi dan mengobati asam urat secara alami.

  • Memperbanyak konsumsi air putih. Air putih jauh lebih baik daripada minuman lainnya dan dapat membantu fungsi ginjal.
  • Rajin berolah raga dan mengimbanginya dengan meminum vitamin yang cukup, akan membuat tubuh kita mampu terkelola dengan baik, termasuk fungsi ginjal.
  • Cobalah mengganti pola makan kita menjadi lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran. Selain itu, diselingi dengan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat tinggi, seperti roti, susu, dan lainnya.
  • Rajin mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, sirsak, alpukat, dan lainnya. Hal tersebut merupakan bagian dari ramuan sederhana dan tradisional untuk penyakit asam urat.

Anda pun bisa mencoba mengatasi Asam Urat dengan Herbal Untuk Asam Urat – M Biopro

Obat Asam Urat Alami Terbukti Ampuh Tanpa Efek Samping

Selain beberapa cara mengatasi asam urat sepreti yang sudah dijelaskan diatas, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai cara mengobati asam urat secara alami dengan bahan herbal alami yang aman untuk dikonsumsi karena berasal dari bahan alami dan tradisional. Penasaran? Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

  • Jahe

Salah satu bumbu dapur yang dapat Anda jadikan sebagai obat asam urat alami yang ampuh mengatasi masalah asam urat yang anda derita adalah jahe. Kandungan anti-inflamasi yang ada pada dapat mengatasi masalah peradangan sendi.

Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami

Cara mengobati asam urat dengan menggunakan jahe juga sangat mudah Anda jana perlu memotong kecil-kecil jahe lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih kemudian minum pada saat jahe masih dalam keadaan hangat. Pasttikan Anda mengkonsumsi minuman jahe ini secara rutin untuk hasil maksimal dalam menyembuhkan asam urat

  • Jus Lemon

Bahan herbal alami yang dapat digunakan sebagai obat alami asam urat adalah buah lemon. Adanya kandungan vitamin C dan zat lainnya yang ada pada jus lemon dapat menetralkan kelebihan asam urat yang ada dalam aliran darah.

Cara membuat jus lemon untuk mengobati asam urat pun sangat mudah, Anda hanya perlu  mencampurkan jus lemon dengan satu sendok baking soda. Lalu, setelah itu tunggu sampai busa hilang kemudian campurkan dengan segelas air. Untuk hasil yang maksimal pastikan Anda mengkonsumsinya secara rutin untuk hasil yang maksimal dan asam urat anda cepat sembuh.

  • Pisang

Pisang juga dapat anda jadikan sebagai obat asam urat yang bisa anda coba karena mengandung zat potassium (kalium) yang tinggi. Kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat mengubah kristal asam urat. Dalam hal ini pisang dapat mencairkan kristal asam urat menjadi cair dan dapat dikeluarkan melalui urin dari dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang ada pada buah pisang juga mampu untuk mengurangi rasa sakit atau peradangan asam urat. Pastikan Anda mengkonsumsi 1 hingga 2 buah pisang secara rutin setiap hari.

  • Cuka Apel

Cuka apel juga dapat dijadikan sebagai obat herbal alami paling ampuh sebagai cara mengatasi dan cara mengobati asam urat. Cuka apel dapat dapat membantu mengurangi rasa sakit yang sangat luar biasa akibat peradangan asam urat pada sendi anda karena sifat keasamannya.

Cara membuat cuka apel untuk asam urat pun juga sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh cuka sari buah apel mentah pada segelas air. Sebagai tambahan Anda juga bisa menambahkan madu sebagai anti inflamasi akibat peradangan pada sendi.

Jenis Makanan yang Menjadi Pantangan Asam Urat

Setelah Anda mengetahui beberapa cara mengatasi dan mengobati asam urat, hal yang tidak kalah penting yang perlu Anda ingat dan perhatikan agar untuk mencegah dan mengatasi penyakit asam urat yang lainnya adalah pastikan Anda mengetahui beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan asam urat. Berikut beberapa jenis makanan yang merupakan pantangan asam urat yang wajib Anda hindari.

Jenis Makanan yang Menjadi Pantangan Asam Urat
  • Daging Merah

Daging merah memiliki kandungan purin yang cukup tinggi walaupun tidak semua jenis daging memiliki kandungan purin yang sama-sama tinggi. Sebagai penggantinya Anda bisa mengkonsumsi daging putih yang merupakan salah satu jenis daging yang lebih baik dikonsumsi dan lebih menyehatkan.

  • Kalkun

Jenis daging yang mengandung purin yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan asam urat yang lainnya adalah daging kalku. Menurut beberapa penelitian daging kalkun memiliki kandungan purin lebih tinggi dibandingkan dengan  beberapa daging hewan lainya yakni sekitar 150 mili gram di dalam 100 gram dagingnya.

  • Jeroan dan Hati Sapi

Jeroan sapi mengandung kolesterol tinggi yang juga dapat menyebabkan asam urat jika terlalu banyak dikonsumsi. Tidak hanya jeroan saja, namun bagian hati sapi juga dapat menyebabkan asam urat jika dikonsumsi terlalu banyak.

  • Daging Sapi

Daging Sapi merupakan jenis daging merah yang mengandung zat purin yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan makan terlalu banyak daging sapi ataupun domba.

  • Daging Ayam

Tidak hanya daging sapi, daging ayam juga mengandung zat purin yang cukup tinggi yakni sekitar 169mg/100g. Terutama pada bagian dada dan kulit ayam, sehingga dengan mengkonsumsi daging ayam setiap hari berisiko meningkatkan asam urat.

  • Daging Angsa

Tidak hanya ayam, daging unggas yang mengandung zat purin yang cukup tinggi lainnya adalah daging angsa yakni sekitar 165 mg/100g yang sama dengan daging ayam yang dapat menyebabkan risiko asam urat tinggi.

  • Lidah Sapi

Walaupun lidah sapi memiliki kandungan vitamin B12 yang memiliki fungsi untuk mengatasi anemia, namun lidah sapi juga mengandung zat purin yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan asam urat yang cukup tinggi.

  • Daging Kuda

Daging kuda juga dapat menyebabkan meningkatnya asam urat karena kandungan zat purin daging kuda juga cukup tinggi yakni sekitar 200 mg/100 g.

  • Daging Bebek

Sama halnya dengan daging angsa, daging bebek juga dapat memicu seseorang terkena asam urat karena kandungan zat purin di dalamnya zukup tinggi. Tidak hanya itu, daging angsa juga memiliki kadar protein yang rendah serta kadar lemak yang tinggi yang dapat menyebabkan obesitas.

  • Hati Ayam

Tidak hanya hati sapi saja, hati ayam juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga penyakit asam urat. Tidak hanya itu, hati ayam juga cukup berbahaya untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan bakteri campylobacter. Oleh karena itu, untuk mengkonsumsinya pastikan Anda memasaknya sampai matang jika anda ingin mengkonsumsi hati ayam.

  • Ikan Bandeng

Jenis ikan yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit asam urat yang berikutnya adalah ikan bandeng. Oleh karena itu, bagi Anda pecinta kuliner ikan bandeng pastikan anda mengkonsumsi ikan bandeng tidak lebih dari 50 gram tiap harinya.

  • Udang

Udang merupakan jenis seafood yang dapat menyebabkan asam urat karena mengandung kadar lemak yang cukup tinggi.

  • Kerang

Jenis seafood yang selanjutnya dikategorikan sebagai jenis makanan pantangan asam urat adalah kerang. Hal ini karena kerang memiliki kandungan lemak cukup jenuh yang sama dengan udah ataupun lobster, kepiting dan juga cumi-cumi. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak terlalu banyak mengkonsumsi kerang setiap harinya. Sekarang Anda sudah tahu kan sebenarnya apa itu penyakit asam urat, penyebab, gejala, cara mencegah, cara mengatasi dan mengobati asam urat hingga beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.